10 Sistem Operasi Terbaik untuk Hacking dan Uji Penetrasi 2018

Sudah bukan zaman nya berdebat tentang keunggulan Windows vs OS X maupun vs Linux, karena ketiga sistem operasi tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang tak dapat dibandingkan satu sama lain. Diskusi atau pembahasan yang lebih cerdas serta tepat adalah bagaimana memanfaatkan sistem operasi ini dengan maksimal dan menemukan potensi terbaiknya, terutama Linux yang terdiri dari banyak distro dan bahkan beberapa distro dibuat khusus untuk hacking dan uji penetrasi. 


Memang bukan rahasia lagi bahwa sistem operasi yang difokuskan untuk uji sekuritas adalah sahabat sejati nya para hacker, mereka menggunakan sistem operasi itu untuk menemukan kelemahan dalam sistem komputer maupun dalam jaringan komputer. 
dalam artikel ini LiniTekno akan membahas 12 sistem operasi untuk hacking dan uji penetrasi terbaik 2017 untuk sobat LiniTekno.


10 Sistem Operasi Terbaik untuk Hacking dan Uji Penetrasi 2017

  • Kali Linux :


Kali Linux dikembangkan oleh Offensive Security, OS ini merupakan turunan dari Backtrack Linux. Distro Kali Linux kami tempatkan pada posisi pertama dalam daftar sistem operasi terbaik untuk tujuan hacking. Sistem operasi berbasis Debian ini dilengkapi dengan lebih dari 600 tool hacking siap pakai untuk aktivitas hacking dan uji penetrasi. Tool serbaguna ini diperbarui secara berkala dan tersedia untuk berbagai platform seperti ARM  dan VMware. Untuk tugas forensik sistem operasi ini hadir dengan kemampuan boot langsung yang menyediakan lingkungan yang sempurna untuk deteksi kerentanan dan menemukan celah keamanan. Sekarang Kali Linux didasarkan pada model rolling release.

Download Kali Linux

  • Parrot Security OS :


Parrot Security OS dikembangkan oleh Tim Pengembang Frozenbox, OS ini juga merupakan titisan sistem operasi Debian. Distro Linux yang ramah komputasi awan (cloud) ini dirancang khusus untuk hacking, uji penetrasi, komputer forensik, kriptografi dan lainnya.
Dibanding dengan yang lain, Parrot Security OS menjanjikan OS yang ringan dan sangat efisien. Seiring dengan banyaknya tool yang diakui legal, hacker juga mendapat kesempatan untuk bekerja dan berselancar secara anonim. Juga perlu diketahui, Parrot Security OS adalah gabungan dari Frozenbox OS dan Kali Linux. OS ini menggunakan repository Kali Linux untuk mengupdate tool-tool nya, tapi juga memiliki repository sendiri guna menyimpan package yang di-kustomisasi. dilengkapi dengan lingkungan desktop MATE dan antarmuka yang diadopsi dari GNOME 2. sistem operasi ini juga didukung oleh komunitas yang besar dan solid.


  • BackBox :

Backbox Linux merupakan sistem operasi berbasis ubuntu yang dibuat khusus untuk penanganan sekuritas dan uji penetrasi. Hadir dengan berbagai tool analisis sekuritas untuk aplikasi web, analisis jaringan dan lain-lain. OS ini dilengkapi dengan lingkungan desktop yang lengkap.  Repositori perangkat lunak mendapatkan update berkala dengan versi yang lebih stabil.

Download BackBox Linux

  • Samurai Web Testing Framework :

Samurai Web Testing Framework adalah distro Linux yang dapat dijalankan secara live booting tanpa harus diinstal ke hard disk. OS ini telah dikonfigurasi khusus utuk menguji keamanan situs web. Framework nya telah dilengkapi dengan perangkat lunak hacking gratis dan open source yang cukup untuk mendeteksi kelemahan situs web dalam segi keamanan, dengan kata lain OS ini maksimal digunakan untuk uji penetrasi.
  • Pentoo Linux :
Reinkarnasi dari Gentoo Linux, Pentoo adalah OS untuk uji penetrasi, OS ini tersedia dalam versi 32 dan 64 bit. Pentoo dapat diinstal pada PC yang sudah terinstal Gentoo Linux sebelumnya. Distro berbasis XFCE ini hadir dengan dukungan persistensi yang memungkinkan Anda menyimpan semua konfigurasi sebelum mencabut USB.

Download Pentoo Linux

  • DEFT Linux :

DEFT merupakan singkatan dari Digital Evidence And Forensic Toolkit. Sistem operasi ini berbasis Ubuntu, dan dikembangkan dengan mengacu pada software DART (Digital Advanced Response Toolkit). Terdiri dari tool dan dokumen forensik yang dapat digunakan oleh hacker, penguji penetrasi, Spesialis Keamanan Informasi maupun pengguna awam.

Download DEFT Linux

  • Caine :

Caine adalah salah satu sistem operasi hacking berbasis Ubuntu. Caine adalah singkatan dari Computer Aided Investigation Environment dan juga dapat dijalankan melalui USB maupun langsung diinstal ke hard disk, varian ini dilengkapi dengan tool yang komplit untuk sistem forensik.

Caine hadir dengan sejumlah besar database, software analisa jaringan dan untuk keperluan forensik. Selain itu OS ini juga diberi aplikasi umum, seperti browser, aplikasi email, editor dokumen, dan lain-lain untuk keperluan komputasi sehari-hari.

Download Caine
  • Network Security Toolkit (NST) :

Network Security Toolkit adalah distro Linux berbasis Fedora, yang terdiri dari platform 32 bit dan 64 bit dan dibundle dengan software open source terbaik untuk keperluan hacking, pen testing dan uji kemanan internet maupun jaringan.

  • BlackArch Linux :

BlackArch Linux merupakan salah satu distribusi Linux terlengkap dalam hal software maupun program hacking untuk para hacker. Distro ini merupakan turunan dari 
Arch LInux, PC yang sudah terpasang Arch Linux dapat menginstal komponen-komponen BlackArch Linux kedalamnya. BlackArch juga dilengkapi dengan lebih dari 1500 tool.

Download BlackArch Linux
  • Bugtraq :

Tersedia untuk Debian, Ubuntu dan OpenSuse, Bugtraq dikenal dengan mailing list elektroniknya yang didekasikan untuk keamanan komputer. Isu yang dibahas adalah diskusi masalah kerentanan, metode eksploitasi dan lain sebagainya. Tim Bugtraq terdiri dari para hacker dan developer berpengalaman yang mencurahkan segala kemampuan mereka untuk mengembangkan Bugtraq. Bugtraq dilengkapi dengan ribuan tool untuk uji penetrasi, tool forensik, tool uji malware dan software lainnya yang dikembangkan oleh komunitas Bugtraq.

Download Bugtraq
Selain 10 distro yang sudah penulis jelaskan diatas, masih banyak distro - distro untuk hacking lainnya yang tidak dibahas karena distro - distro tersebut masih bayi dan belum sepenuhnya dikembangkan, juga mempunyai komunitas yang sedikit. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan!


EmoticonEmoticon